Text
Efektivitas Media Visual Dalam Menghafal Mufrodat Siswa Kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang
Penelitian ini dilakukan sebab terdapat siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang yang jumlah hafalan mufrodatnya tergolong rendah disebabkan kurangnya motivasi untuk menghafal mufrodat, belum terbiasa melafalkan kata dalam Bahasa arab, kemampuan setiap siswa yang berbeda-beda dalam menghafal, tidak sinkronnya sekolah dengan lingkungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan mengetahui seberapa besar efektivitas media visual dalam menghafal mufrodat siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. Sehingga peneliti memilih penelitian pre eksperimental jenis one group pretest- posttes dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berlangsung pada bulan Oktober-November 2023. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik 107 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 26 peserta didik yang merupakan siswa kelas IV Imam Abu Hatim. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah tes tertulis yang terdiri dari pretest dan posttest, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh data yang dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan hasil hitung taraf signifikasi 0,000 < 0,05, kemudian uji independent sample t-test dengan hasil hitung taraf signifikasi 0,000 < 0,05 dan uji r square dengan nilai 0,110 atau 11%. Dapat disimpulkan bahwa 1. Media visual efektif digunakan dalam menghafal mufrodat siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang 2. Terdapat besaran pengaruh efektivitas media visual dalam menghafal mufrodat siswa kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang sebesar 11%.
Tidak tersedia versi lain