Text
Analisis kesulitan belajar bahasa Arab siswa kelas VI SDIT IQRO GEDONGTATAAN pesawaran semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020
ABSTRAK
(المجرية)
ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VISDIT IQRO GEDONGTATAAN PESAWARAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Olch
Ahmad Mualim
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dari sekian banyak babasa di dunia sebagai bahasa Al-Qur an dan Hadist yang menjadi sumber hukum Islam sehingga tanpa memahaminya kita akan sulit untuk mengerti dan faham akan isi dari Al-Qur'an dan Hadist, oleh karenanya bahasa arab adalah mata pelajaran wajib dipelajari dilembaga pendidikan islam dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah sampai Sekolah Tinggi Islam Dalam proses pembelajaran bahasa arab, hambatan-hambatan selalu ada, hambatan hambatan tersebut banyak menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar bahasa arab baik faktor internal maupun faktor eksternal
Tujuan penelitian ini adalah penelitian kualitatif Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa, Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 10 orang informan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikant faktor penyebab kesulitan belajar bahasa arab di SDIT IQRO Gedongtataan Pesawaran
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kurangnya minat dan motivasi dari dalam diri siswa untuk mempelajari Bahasa Arab, kedua yaitu sulitnya siswa membaca dan memahami arti dari setiap kosa kata Bahasa Arab, ketiga adalah perhatian orangtua terhadap siswa tentang kesadaran dan dorongan belajar diluar sekolah, keempar adalah metode penyampaian guru yang terlalu monoton yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan penggunaan media belajarnya hanya menggunaka buku saja sehingga siswa merasa tidak tertarik untuk belajar Bahasa Ara lebih dalam
Kata kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Bahasa Arab
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain