Text
ANALISIS FAKTOR FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISIM DHOMIR PADA SISWA KELAS V SDIT HARAPAN BANGSA NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
ABSTRAK
(التحريد)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISIM DHOMIR PADA SISWA KELAS V SDIT HARAPAN BANGSA NATAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh Eka Vebriani
Peneliti ini didasari oleh beragamnya tingkat kemampuan siswa kelas VA SDIT Harapan Bangsa Natar dalam memahami Isim Dhomir, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana kemampuan siswa kelas VA SDIT Harapan Bangsa dalam memahami isim dhomir? dan apa saja faktor-faktor kesulitan siswa dalam memahami isim dhomir? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah "Mendeskripsikan kemampuan hawa kelas VA Harapan Bangsa dalam memahami isim dhomir dan menganalisis faktor-faktor kesulitan siswa dalam memahami perubahan isim dhomir Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu kelas VA yang berjumlah 25 siswa. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penankan kesimpulan Hasil dari penelitian ini talah terkait faktor-faktor kesulitan siswa dalam memahami isim dhomir Adapun yang menjadi faktor adalah faktor internal, 1) kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab, 2) siswa masih sulit dalam menghafalkan macam-macam dhomir, 3) membedakkan dhomir, 4) memasukkan dhomir di dalam kalimat dan memahami materi dengan baik Faktor eksternal 1) kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) faktor metode, 3) faktor media dan prasarana Upaya guru dalam meningkatkan kesulitan siswa dalam memahami isim dhomir pada siswa kelas VA SDIT Harapan Bangsa antara lain 1) hendaknya guru senantiasa memotivasi siswa setiap kali pertemuan, agar siswa selalu semangat dan lebih antusias lagi dalam belajar bahasa Arab, 2) dalam proses pembelajaran hendaknya guru lebih memperhatikan keadaan siswa agar konsentrasi siswa lebih fokus pada saat kegiatan belajar, 3) guru harus lebih aktif dan inovatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, agar siswa lebih tertarik dan semangat untuk belajar bahasa Arab
Kata Kunci Analisis, Faktor-faktor Kesulitan Siswa, Isim Dhomir
ix
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain