Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIEP TEAMS GAMES TOURNAMENT UNUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA RAAB SISWA TENTANG DHOMIR DI KELAS VII B SMP IT NURUL IMAN PURWOREJO PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
ABSTRACT (abstraksi)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
TEAMS GAMES TOURNAMNET UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN BAHASA ARAB SISWA TENTANG DHOMIR DI KELAS VII B SMP IT NURUL IMAN PURWOREJO PESAWARAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Oleh:
Lusia Agesti
Kurangnya pemahaman siswa tentang materi dhomir munfasil dan kemampuan siswa dalam mengingat pealajaran bahasa Arab belum optimal merupakan latar belakang peneliti dalam mengambil penelitian ini. Berdasarkan latar belakang ini peneliti tertarik untuk menerapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran bahasa Arab pada materi dhomir munfasil agar pemahaman bahasa Arab siswa dapat peningkat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pemahaman bahasa Arab siswa pada materi dhomir munfasil? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan pemahaman bahasa Arab siswa tentang dhomir pada subjek siswa kelas VII B SMP IT Nurul Iman yang berjumlah 37 anak. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada siklus I dan siklus II dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT cukup berperan dalam meningkatkan pemahaman bahasa Arab siswa tentang dhomir karena perolehan nilai rata-rata dari seluruh aspek yang diajarkan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata dari keseluruhan tes tertulis siklus I ke siklus II adalah 60,27 lalu naik menjadi 75,81. Jadi, rata-rata nilai tes tertulis dari siklus 1 dan siklus II meningkat sebesar 25,7%
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TGT, PTK
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain