Text
MENERAPAN METODE IMLA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII D SEMESTER GENAP MTS AL FATAH NATAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ABSTRAK
(التجريد)
PENERAPAN METODE IMLA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII D SEMESTER GENAP MTS AL FATAH NATAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Oleh: Endah Supriatin
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan siswi tentang pengetahuan menulis bahasa Arab yang benar, yang mana akan berdampak pada nilai yang di harapkan. Sebagaimana yang telah diketahui dari hasil observasi. Siswi mungkin telah hafal huruf hijaiyyah namun dalam penulisan dalam bentuk kata dan kalimat mereka masih kurang memahaminya (huruf yang di tulis sambung atau tidak). Untuk memahami suatu bahasa dibutuhkan suatu cara untuk memahami bahasa tersebut, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode imla, dengan tujuan siswi dapat memahami penulisan bahasa arab dengan benar
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah salah satu pendekatan dalam penelitian yang berbasis kelas untuk memperbaiki situasi pembelajaran di kelas oleh sebab itu penelitian menggunakan PTK dalam beberapa siklus hingga dalam prosesnya tridak ada peningkatan dan perubahan yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode imla dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab siswa kelas VIII D yang berjumlah 23 siswi penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Peningkatan rata rata nilai tes yakni, pre-test ke siklus satu, pada pre-test memperoleh nilai rata-rata 65,08. Sedangkan pada siklus satu memperoleh hasil 72,13, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,26 dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 83.34. Berdasarkan hasil analisis terhadap nilai tes yang diperoleh pada penelitian ini maka peneliti menyimpulkan bahwa metode imla cukup berperan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswi
Kata kunci: Metode Imla, Ketrampilan Menulis
xii
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain