Text
Pengaruh metode muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII cut nyak Dien SMP IT FITRAH INSANI Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII Cut Nyak Dien SMPIT Fitrah Insani Bandar Lampung dalam materi keterampilan berbicara bahasa Arab Masih banyak siswa yang belum terbiasa berbicara bahasa Arab penyebab diantaranya yaitu, belum diterapkannya berbicara bahasa Arab secara khusus, kurangnya perbendaharaan atau penguasaan kosa kata yang ada, kurang terbiasa berbicara bahasa Arab, dan kesulitan dalam memilih dan menyusun kosa kata yang tepat. Sehingga peneliti memilih penelitian pre eksperimen dengan menggunakan metode muhadarsah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh metode muhadatsah terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Cut Nyak Dien SMPIT Fitrah Insani Bandar Lampung Sampel penelitian ini adalah kelas VIII Cut Nyak Dien dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen, pada kelas ini peneliti menerapkan metode muhadatsah sebanyak dua kali pertemuan. Pertemuan pertama diberikan pretest terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat keterampilan berbicara bahasa Arab siswa sebelum diberikannya perlakuan kemudian dipertemuan keempat diberikan posttest. Kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana, maka diperoleh nilai thung = 3,456 dengan tara signifikansi sebesar 0,003 lebih besar dibandingkan dengan nilai lubel =2,101 untuk taraf signifikansi 0,05 sehingga H, diterima. Adapun besar pengaruh metode muhadatsah sebesar 39,9 % dapat disimpulkan bahwa metode muhadatsah berpengaruh terhadapat keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Cut Nyak Dien SMPIT Fitrah Insani Bandar Lampung. Kata kunci: metode muhadatsah, keterampilan berbicara bahasa Arab, bahasa Arab
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain