Text
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA KELAS VII TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANJAR NEGERI LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Peneliti ini dilatar belakangi oleh permasalahan latar pendidikan siswa yang berbeda-beda, baik dari pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD), sampai ke Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mereka yang bersal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan lebih banyak mempelajari Bahasa arab, Sedangkan yang dari Sekolah Dasar (SD) tidak ada Mata pelajaran Bahasa arab dikelas. Akan tetapi tidak menutup kemingkinan siswa yang dari Sekolah Dasar (SD) akan lebih baik hasil belajarnya jika di bandingkan MI. Tetapi jika pun ada yang seperti itu maka kemungkinan sedikit. Melihat kenyataan tersebut menjadi masalah bagi guru Bahasa Arab, atau dari siswa tersebut. Data-data peneliti ini dihimpun dari siswa kelas VII MTS Darussalam Banjar Negeri Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022 sebagai obyek penelitian penelitian. Dalam pengumpulan daya menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berkenanaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalaah penelitian kualitatif berbentuk Deskriptif. Berdasarkan hari hasil penelitian yang diperoleh hari dari lapangan dan dokumen maka dapat disimpulakan dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah MTs dan Guru Bahasa arab di MTs Darussalam Banjar Negeri kelas VII sangat berpengaruh latar belakang pendidikan, dengan total siswanya 39 siswa dengan jumlah siswa Sekolah Dasar (SD) dengan total siswa Dua Puluh Enam (26) orang mendapatkan rata-rata hasil belajar Bahasa Arab 73,65 dari total nilai 1915, dan dari hasil-hasil tersebut ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai merah atau di bawah KKM, Sekolah Dasar Ibtidaiyah (SDIT) dengan total siswa Tiga (3) orang mendapatkan di atas rata-rata hasil belajar Bahasa Arab 78,33dari jumlah nilai 235,dan Madrasah ibtidaiyah (MI) dengan total siswa sepuluh (10) orang mendapatkan rata-rata hasil belajar Bahasa Arab 75,6 dari jumlah nilai 756. Kata Kunci: Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Siswa, SD, SDIT, MI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain