Text
Penggunaan model durusullughoh untuk peningkatan kemampuan menulis siswa kelas VII A MTS NUR EL IHSAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
ABSTRAK
dan abstraksi
PENGGUNAAN MODUL "DURUSULLUGHOH" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MTS NUR EL-IHSAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2109
Oleh: Muhammad Hera Pratama NPM: 21511020
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dikarenakan model pembelajaran yang kurang relevan, khususnya dalam hal menulis Hal ini berdasarkan nilai rata-rata siswa yang masih rendah dalam hal menulis bahasa Arah Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan penggunaan modul "Durusullughoh" sebagai bahan ajar yang membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran bahasa Arab Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis bahasa Arab Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTS Nur El-Ihsan Katibung Lampung Selatan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Penelitin ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus Berdasarkan hasil tes kemampuan menulis bahasa Arab siswa meningkat pada setiap siklusnya dengan nilai rata-rata kemampuan berbicara bahasa arab yang diperoleh siswa siklus I dengan nilai rata-rata 60,12 Sedangkan pada siklus II milai rata-rata siswa 69,58 Terdapat peningkatan sejumlah 9,46 poin atau setara dengan 15,73% Peningkatan pada siklus kedua disebabkan oleh teknik pengajaran yang maksimal dan materi yang diberikan bisa dipahami oleh siswa Oleh karenanya peneliti menganjurkan kepada siswa agar terus berlatih menulis bahasa Arab agar bisa lebih baik dari segi penulisan bahasa Arab Kesimpulan penelitian ini yaitu modul "Durusullughoh" dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis bahasa Arab
Kata kunci: Modul Durusullughoh, kemampuan menulis bahasa Arab
VII
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain