Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP QUR'AN DARUL FATTAH TAHUN AJARAN 2020/2021
ABSTRAK
(التجريد )
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP QUR'AN DARUL FATTAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021.
Oleh:
Tsuravya Kamilah NPM: 21711040
Penelitian ini dilatarbelakangi pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Qur'an Darul Fattah dalam materi jumlah filiyah. Mayoritas siswa mengalami penurunan dalam belajar bahasa Arab, diantara penyebanya adalah siswa mulai jenuh dengan pembelajaran secara daring, kurangnya timbal balik siswa dalam proses belajar sehingga pembelajaran berlangsung pasif. Untuk itu peneliti memilih penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan adakah pengaruh model pembelajaran probing prompting secara daring terhadap hasil belajar bahasa Arab s iswa kelas VIII SMP Qur'an Darul Fattah. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol dan VIIIB sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen peneliti menerapkan model pembelajaran probing prompting sebanyak lima kali pertemuan dan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah sebanyak lima kali pertemuan. Pertemuan kelima siswa diberi soal berupa tes pilihan jamak baik dikelas kontrol maupun di kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t independent Sample t-test). Setelah dianalisis diperoleh hasil nilai pada thiting = 0,357 dengan taraf signifikansi 0,772 lebih kecil dibandingkan dengan nilai tabel 2,009 untuk taraf signifikansi 0,05 maka dapat diartikan bahwa Ho diterima dan H, ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran probing prompting secara daring terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah.
Kata kunci: Probing Prompting. Hasil Belajar, Bahasa Arab
ix
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain