Text
HUBUNGAN HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP QUR'AN DARUL IKHLAS PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ABSTRAK
التجريد)
HUBUNGAN HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP QUR'AN DARUL IKHLAS PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh: FEBRI KURNIAWAN
Latar belakang penelitian ini perlu adanya penelitian korelasi hafalan Al-Qur'an dengan prestasi belajar Bahasa Arab, Peneliti mengambil rumusan masalah ini yaitu adakah terdapat hubungan antara Hafalan Al-Qur'an dengan prestasi Bahasa Arab?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan hafalan Al Qur'an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab dan seberapa segnifikan hubungan hafalan Al-Qur'an terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Dari Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta sebagai informasi yang bermanfaat.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian ini menggunakan desain korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Qur'an Darul ikhlas Pringsewu. Sampel penelitian ini sebanyak 23 siswa dari kelas VIII yang ditentukan menggunakan teknik non probability sampling dengan pengambilan sampel teknik sampling jenuh Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment.
Dari hasil penelitian memperoleh nilai koefesien korelasi sebesar 0,46 dapet diinterpretasikan pada tabel interpretasi bahwa nilai tersebut berada dalam interval 0,40 0,70 dengan kriteria antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Diketahui nilai df = 21 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai 0,433. Maka dapat disimpulkan bahwa "r" hitung lebih besar dari "r" tabel, pada taraf signifikansi 5% (0,46> 0433) Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hafalan Al-Qur'an dengan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Qur'an Darul Ikhlas Pringsewu.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontibusi untuk pengetahuan guru, siswa, orang tua siswa, sekolah dan peneliti yang lain bahwa tingkat Hafalan Al Qur'an dapat mempengaruhi Prestasi Belajar Bahasa Arab.
Kata Kunci: Hafalan Al-Qur'an, Prestasi Belajar Bahasa Arab.
vii
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain