Text
PENERAPAN METODE SAM'IYAH WA SYAFAHIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAB SISWA KELAS VIII UMMU SALAMAH SEMESTER GANJIL SMPIT PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ABSTRAK (التجريد)
PENERAPAN METODE SAM'IYAH WA SYAFAHIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ARAB SISWA KELAS VIII UMMU SALAMAH SEMESTER GANJIL SMPIT PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG 2016/2017
TAHUN PELAJARAN
Oleh: Al Amin
Penelitian ini didasari oleh kurangnya kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII Ummu Salamah SMPIT Permata Bunda sehingga dampaknya siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah "Upaya meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab siswa melalui penerapan metode sam'iyah wa syafawiyah, sehingga siswa kelas VIII Ummu Salamah semester ganjil
SMPIT Permata Bunda dapat mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan mudah" Metode Samiyah Syafawiyah adalah cara yang digunakan untuk
melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dengan cara mendengarkan dan
menirukannya dengan lisan (berbicara). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, terjadinya peningkatan dari prosentase hasil pre test ke siklus 1, pada pre-test memperoleh nilai rata-rata 77,47 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 sedangkan pada siklus satunya memperoleh nilai rata-rata 87,71 nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 77, dilanjutkan pada siklus dua memperoleh nilai rata-rata 92,04 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 80. Keberhasilan tersebut di dukung juga oleh meningkatya rata-rata
keaktifan belajar siswa pada siklus I dan siklus II; yaitu: siklus I sebesar 88,71% dan pada siklus II sebesar 96,27%. Peneliti berharap dengan penelitian ini siswa dapat memahami bahasa Arab sesuai kaidah sehingga pembelajaran bahasa Arab sesuai target.
Kata Pre test, Prosentase, Sam'iyah, Siklus, Syafawiyah
vii
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain